Visi dan Misi

Dengan mengacu kepada Visi Bupati Rejang Lebong maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong memiliki Visi:

“ TERWUJUDNYA TERTIB ADMINISTRASI DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MENUJU MASYARAKAT YANG BERKUALITAS “

Visi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong dapat diuraikan secara ringkas seperti berikut ini  sesuai dengan  Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pengertian dari:

  1. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.
  2. Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada Instansi Pelaksana.

Dengan demikian maksudnya bahwa tujuan akhir dari penertiban administrasi dokumen kependudukan dan catatan sipil adalah mewujudkan masyarakat yang berkualitas.

Guna mewujudkan Visi tersebut terdapat  Misi  yang harus dilaksanakan, yaitu:

  1. Mengembangkan kebijakan dan sistem serta menyelenggarakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk menghimpun data kependudukan, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status dalam rangkan mewujudkan tertib administrasi kependudukan.
  2. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap akurat dan memenuhi kepentingan public dan pembnangunan melalui peningkatan kualitas SDM.
  3. Meningkatkan kualitas pencatatan sipil, serta mengembangkan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan system pencatatan sipil.

TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KAB. REJANG LEBONG

  1. Tujuan jangka menengah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Rejang Lebong adalah :
    1. Meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, tepat mudah, efektif dan efisien.
    2. Mewujudkan dan mengembangkan system penyelenggaraan administrasi kependudukan yang berbasis SIAK melalui peningkatan kualitas SDM.
    3. Mewujudkan perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesehjateraan penduduk melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya administrasi kependudukan
    4. Meningkatkan sistem database kependudukan yang akurat untuk pemutakhiran data.
  1. Sasaran Jangka Menengah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Rejang Lebong.
    1. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas SDM
    2. Mengefisiensikan proses penerbitan dokumen kependudukan
    3. Penduduk Rejang Lebong terdaftar di database SIAK

Komentar Facebooker

comments


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>